Cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi dengan normal

Oke kali ini saya akan membahas, bagaimana cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi dengan normal alias ngaco.

Pengenalan dulu yuk
Touchpad adalah perangkat petunjuk atau pointer yang teridiri dari permukaan yang didesain khusus yang bisa membaca gerakan dan posisi jari kita keposisi relatif dilayar. Touchpad adalah fitur yang umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse.
Touchpad sendiri memberi bantuan khusus kepada pengguna laptop yang selalu menggunakan mouse berlebihan. Touchpad sendiri mempunyai ukuran yang bervariasi. Touchpad juga dapat ditemukan personal digital asisstan (PDA) dan beberapa media player portable, seperti ipod.

Kasus
Penyebab umum yang mengakibatkan touchpad gak berfungsi dnegan normal karena :
1.       Kemungkinan laptop atau notebook anda terkena virus
2.       Touchpad anda kotor terkena debu atau noda
3.       Touchpad anda terkena keringat dari tangan anda
4.       Driver touchpad ilang atau belum anda instal
5.       Kesalahan setingan pada program touchpad
6.       Kerusakan driver
7.       File corrup
Penyelesaiannya :
Oke saya akan memberikan beberapa cara yang terbukti ampuh dalam mengatasi masalah diatas, agar laptop anda touchpadnya berjalan dengan normal lagi
1.       Bersihin debu, dan minyak
Touchpad pada laptop atau notebook mempunyai sifat yang sensitif, yang artinya jika touchpad sampe kotor atau tertutup debu, akan mengurangi sensitifitas touchpad tersebut. Bersihkan dengan kain kanebo, dibasahin jangan terlalu basah, perlahan lap touchpadnya dengan lembut, kalo mau  membersihkan kotoran-kotoran yang membandel, atau susah ilang, pakai saja minyak kayu putih, usapkan minyak kayu putih ditouchpad dan bersihkan dengan tisu.
2.       Download driver resmi
Biasanya ketika kita membeli laptop otomatis touchpad kita sudah secara otomatis dapat dipakai, tetapi jangan lupa untuk melakukan instalasi driver touchpad yang disediakan diweb resmi. Dengan melakukan instalasi driver, kemungkinan akan mengurangi resiko eror.
3.       Scanning software antivirus
Virus/malware emang ngeselin, dapat menimbulkan dampak signifikan pada hardware, baik internal maupun eksternal. Biasanya virus itu akan mengacaukan program sistem, sehingga berbagai hardware ada yang gak berjalan dengan maksimal, contohnya ya touchpad tadi. Jadi segeralah anda untuk melakukan scaning, untuk membersihkan virus-virus yang ada dilaptop atau notebook.

4.       Setting control panel

Mungkin saja touchpad anda gak berfungsi dengan normal karena kesalahan pencet yang merupakan kombinasi ombol untuk mematikan touchpad pada laptop yaitu fn + ikon touchpad, anda dapat mengaktifkannya kembali lewat control panel – hardware and sound – device and sound – TAB device setting pilih enable pada synaptics touchpad

5.       Matikan laptop
Kalo keempat cara tadi gak ampuh juga, matiin aja laptopnya, terus cabut baterainya, abis itu diemin beberapa saat, kalo sudah, pasang lagi baterainya, dengan cara ini touchpad akan berjalan seperti semula

6.       Ganti touchpad
jika gak bisa juga, alangkah baiknya anda ketukang servis laptop, alangkah baiknya sebelum ganti, ente tanya dulu ketukang servisnya, apa bener ini touchpadnya rusak, terus jelasin keabangnya hal kalo hal diatas sudah dilakukan, tapi gak bisa, dan abangnya akan mengecek, kalo masih bisa dibenerin ya sukur, kalo gak bisa? Tinggal ganti.

Oke itu aja postingan mengenai cara memperbaiki touchpad yang eror atau rusak, kalo ada cara lain selain yang saya sampaikan diatas, dimohon untuk komentar dipostingan saya.

0 Response to "Cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi dengan normal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel